Minggu, Januari 13, 2008

COMPUTER ETHIC

Penggunaan komputer dan internet sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari, hal ini dikarenakan sifat komputer yang multifungsi dan dapat diterapkan di segala bidang pekerjaan, dan pencarian segala informasi melalui internet yang tiada batas. Namun saat ini saya tidak akan membahas tentang fungsi komputer atau sejarahnya, karena kita sebagian besar tentu sudah mengetahui apa saja peran komputer dan internet dalam segala aspek kehidupan kita.

Yang ingin saya bahas kali ini adalah tentang etika penggunaan komputer, karena menurut saya pembahasan mengenai hal ini tidak kalah penting dengan fungsi komputer itu sendiri. Saat ini pengguna komputer dan internet terhitung 149 juta orang yang tersebar di seluruh dunia, dan tidak semua dari pengguna tersebut tahu etika dalam dunia cyber, termasuk saya (setidaknya dulu). Untuk itu,(langsung saja) saya kemukakan etika tersebut yang telah saya peroleh dari materi yang diberikan dosen saya, serta cari di google tentunya.

Compter ethic :

1.Jangan menggunakan komputer untuk merugikan orang lain.
Dalam hal ini, kita melakukan kejahatan dengan menggunakan media komputer, sebagai contoh membobol bank, merusak program seseorang, dll.

2.Jangan melanggar atau mengganggu hak atau karya komputer orang lain.
Melanggar hak atau karya orang lain seperti menggandakan software, memodifikasi atau hal-hal lainnya yang intinya merusak ke-orisinilan.

3.Jangan memata-matai file-file yang bukan haknya.
Hal ini sangat mengganggu privacy dan kerahasiaan suatu data.

4.Jangan menggunakan komputer untuk mencuri.
Dalam dunia maya, sering kita dengar istilah hacker, kasus pencurian di dunia maya seperti pembobolan rekening bank dll.

5.Jangan menggunakan komputer untuk memberikan kesaksian palsu.
Dengar adanya internet, semua informasi dapat disampaikan ke seluruh penjuru dunia. Namun, pelanggaran yang biasa dilakukan adalah memberikan informasi atau data yang palsu yang merugikan pihak terkait.

6.Jangan menduplikasi atau menggunakan software tanpa membayar.
Banyak pengguna software untuk komputer adalah yang atau lebih di kenal bajakan padahal untuk menanggulangi hal tersebut telah banyak di ciptakan software2 yang open source atau freeware).

7.Jangan menggunakan sumberdaya komputer orang lain tanpa sepengetahuan yang bersangkutan.
Dimana-mana kalau mau menggunakan barang yang bukan miliknya, meminta ijin wajib hukumnya!

8.Jangan mencuri kekayaan intelektual orang lain.
Tentu dunia pembajakn hak cipta , sudah tidak asing lagi di telinga kita, padahal sudah jelas undang-undang yang mengatur kekayaan intelektual tersebut

9.Pertimbangkan konsekuensi dari program yang dibuat atau sistem komputer yang dirancang.
Program yang kita buat harus dapat dipertanggungjawabkan sisi positif dan negatifnya.

10.Selalu mempertimbangkan dan menaruh respek terhadap sesama saat menggunakan komputer.
Menjaga hubungan antar sesama wajib hukumnya, begitu juga antar pengguna komputer. Dengan begitu akan tercipta komunitas di dunia maya yang sehat.


Beberapa etika di atas memang belum sepenuhnya ditaati, meskipun sudah diketahui. Maka perlulah kita setidaknya tahu, dan menerapkan semua (kalau bisa) peraturan di atas. Bukankah akan tercipta penggunaan yang sehat dan aman jika kita tertib...

Tidak ada komentar: